Selasa, 27 September 2011

::: OTOMATISASI KANTOR (OA) :::



OTOMATISASI KANTOR (OA)
Pembangunan kantor elektronik / otomatisasi kantor merupakan suatu usaha untuk mengotomatisasi sebagian dari kegiatan perkantoran sehari-hari dengan memanfaatkan teknologi komputer

OTOMATISASI KANTOR, mencakup semua sistem elektronik formal dan informal yang terutama berkaitan dengan komunikasi informasi ke dan dari orang-orang didalam maupun diluar perusahaan.

SISTEM ELEKTRONIK FORMAL, didokumentasikan dengan suatu sistem prosedur tertulis. Diterapkan diseluruh perusahaan untuk memenuhi kebutuhan organisasi, mirip dengan SIM.

SISTEM ELEKTRONIK INFORMAL, tidak direncanakan atau diuraikan secara tertulis. Sistem-sistem OA ini diterapkan saat diperlukan oleh perorangan untuk memenuhi keperluannya sendiri, mirip dengan DSS.

Para pengguna OA :
1.      Manajer, orang-orang yang bertanggung jawab mengelola sumber daya perusahaan, terutama SDM.
2.     Profesional, menyumbangkan keahlian khusus yang membedakan mereka dengan sekertaris dan pegawai administrasi.
3. Sekertaris, ditugaskan oleh professional untuk melaksanakan berbagai tugas seperti menangani korespondensi, menjawab telepon dan mengatur jadwal pertemuan.
4.  Pegawai administrasi, melaksanakan tugas-tugas untuk sekertaris, seperti mengoperasikan mesin fotokopi, menyusun dokumen, menyimpan dokumen, dll.

Sasaran-sasaran dari pembangunan otomatisasi kantor :
1.  Peningkatan produktivitas kerja dan efektivitas waktu. Hasil kerja lebih berkualitas, kuantitas pekerjaan yang dapat diselesaikan meningkat. Penggunaan aplikasi database untuk membuat system pemrosesan transaksi akan memudahkan staf dalam penyusunan laporan penjualan, persediaan barang dan neraca.
2.     Peningkatan komunikasi. Pembangunan jaringan komputer akan meningkatkan komunikasi antar staf. Pembangunan internet akan meningkatkan komunikasi dengan pihak eksternal termasuk supplier dan konsumen.
3.      Data terintegrasi. Jaringan komputer memungkinkan dilakukan pengintegrasian data.
4.     Menghemat investasi. Dalam jangka panjang, pembangunan jaringan komputer dapat menekan biaya investasi karena dapat dilakukan sharing baik hardware maupun software.

APLIKASI OTOMATISASI KANTOR :

·        Pengolahan kata (word Processing).
·        Surat elektronik (electronic mail).
·        Voice mail.
·        Kalender elektronik (electronic calendaring).
·        Konfrensi audio.
·        Konfrensi video.
·        Konfrensi komputer.
·        Transmisi faximile (FAX)
·        Videotex.
·        Desktop publishing.

1. PENGOLAHAN KATA
Penggunaan alat elektronik yang secara otomatis melaksanakan banyak tugas-tugas yang diperlukan untuk menyiapkan dokumen yang akan diketik atau dicetak . Pengolahan kata berkontribusi pada pemecahan masalah dengan memungkinkan manajer menyiapkan komunikasi tertulis yang lebih efektif.Contoh: MS Word, Word star, Word Processing, AMI Pro dsb

2. SURAT ELEKTRONIK
Penggunaan jaringan komputer yang memungkinkan para pemakai mengirim, meyimpan dan menerima pesan-pesan dengan menggunakan terminal komputer dan alat penyimpanan.Surat elektronik dimaksudkan untuk memecahkan berbagai masalah yang terdapat pada telepon konvensional.

3. VOICE MAIL
Memerlukan komputer dengan kemampuan menyimpan pesan audio dalam bentuk digital dan kemudian mengubahnya kembali menjadi bentuk audio saat dipanggil.

4. KALENDER ELEKTRONIK
Penggunaan jaringan komputer untuk menyimpan dan mengambil kalender pertemuan manajer. Manajer atau sekertaris manajer dapat memasukkan pertemuan-pertemuan, membuat perubahan, menelaah kalender itu dengan menggunakan terminal keyboard.Kalender elektronik sangat bermanfaat bagi manajer tingkat atas yang yang memiliki jadwal pertemuan yang sangat padat. Digunakan bukan untuk melakukan komunikasi tapi untuk mengatur jadwal terjadinya komunikasi

5. KONFRENSI AUDIO

Penggunaan peralatan komunikasi suara untuk membuat suatu hubungan audio diantara orang-orang yang tersebar secara geografis untuk melaksanakan konfrensi. Conference call merupakan bentuk pertama konfrensi audio yang masih digunakan.

Daya tarik konfrensi audio :
1.      Biaya peralatan yang diperlukan berada dalam jangkauan hampir semua perusahaan.
2.      Orang-orang merasa santai berbicara di telepon.
3.      Dapat disiapkan dalam beberapa menit.
Membuat konfrensi audio lebih efisien :
1.      Orang yang mengorganisasikan konfrensi harus bertindak sebagai moderator.
2.      Jumlah peserta tidak terlalu banyak.
3.      Salinan dari agenda konfrensi harus disediakan untuk para peserta sebelumnya, mungkin dengan menggunakan FAX.
4.      Jika peserta berbicara harus mengidentifikasikan dirinya.
5.      Rekaman konfrensi harus disimpan.
6.      Salinan kertas dari rekaman harus disiapkan dan dibagikan kepada para peserta.

6. KONFRENSI VIDEO
Penggunaan peralatan televisi untuk menghubungkan para peserta konfrensi yang tersebar secara geografis. Peralatan tersebut menyediakan hubungan audio dan video.
Konfigurasi dasar konfrensi video :
·        Video satu arah dan audio satu arah, sinyal video dikirimkan dari satu tempat transmisi ke satu atau beberapa tempat penerima.
Co. : pimpinan proyek yang menyebarkan informasi untuk beberapa anggota tim yang tersebar di beberapa tempat.
·        Video satu arah dan audio dua arah, kemampuan audio dua arah memungkinkan orang ditempat penerimaan berbicara dengan orang ditempat transmisi sementara semua orang melihat pada gambar video yang sama.
·        Video dan audio dua arah, komunikasi berlangsung dua arah. Cara ini merupakan penggunaan elektronik yang paling mahal.

7. KONFRENSI KOMPUTER
Penggunaan jaringan komputer untuk memungkinkan para anggota tim pemecah masalah bertukar informasi mengenai masalah yang akan dipecahkan.

8. TRANSMISI FAXIMILE
Penggunaan peralatan khusus yang dapat membaca dokumen pada satu ujung saluran komunikasi dan membuat salinannya diujung yang lain.
FAX berkontribusi pada pemecahan masalah dengan membagikan dokumen kepada para anggota tim pemecah masalah secara mudah dan cepat.

9. VIDEOTEX
Penggunaan komputer untuk menampilkan pada layar materi narasi dan grafik yang tersimpan

10. DESKTOP PUBLISHING
Penggunaan komputer untuk menyiapkan output tercetak yang kualitasnya sangat baik. Tampilan layar persis sama dengan salinan kertas yang akan dihasilkan oleh printer laser.
Aplikasi Desktop Publishing terbagi dalam 3 area :
·        Aplikasi administratif, meliputi dokumen-dokumen yang dimaksudkan untuk penggunaan internet perusahaan, seperti : korespondensi, laporan.
·        Aplikasi teknis, meliputi materi pelatihan seperti slides, overhead transparencies.
·        Grafik perusahaan, meliputi periklanan, brosur dan dokumen lain yang dimaksudkan untuk digunakan diluar perusahaan.

Pembangunan otomatisasi kantor merupakan langkah awal untuk menciptakan system manajemen perusahaan yang teratur yang merupakan landasan bagi pembangunan SIM yang efektif. Melalui penerapan aplikasi perkantoran keseimbangan kerja dapat terjaga sehingga karyawan tetap dalam kondisi prima untuk bekerja, produktivitas dan kualitas kerja dapat ditingkatkan.

Pengaruh Organisasi terhadap Paduan OA Manajer

Aplikasi OA
Perusahaan dengan 1 lokasi
Perusahaan dengan operasi yang terserbar secara geografis
Kalender elektronik
Ö
Ö
Pengolahan kata
Ö
Ö
Surat elektronik
Ö
Ö
Voice mail
Ö
Ö
FAX
Ö
Ö
Konfrensi audio
Ö
Ö
Videotex
Ö
Ö
Konfrensi video

Ö
Konfrensi Komputer

Ö
Desktop Publishing
Ö
Ö

 ket : Ö = checklist


sumber : materi mata kuliah dari dosen ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About Me

Foto saya
Jakarta, Jakarta, Indonesia
saat ini sedang dalam masa kuliah semester akhir, difakultas ilmu komputer jurusan manajemen Informatika Univ.Gunadarma kelas 3DB05 ^_^